BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Membuat Tekstur Daun dengan Arsiran



Halo kawan djemari pensil! Semoga kalian selalu dalam lindungan-Nya, Aamiin…

Sudah berminggu-minggu ya nggak ngepost lagi J
Ok, kali ini saya ingin sharing satu cara membuat tekstur daun dengan arsiran. Contoh bentuk daun yang saya ambil adalah daun yang sering kalian jumpai, jadi kalian bisa mudah membayangkan bentuk daun aslinya dan juga agar memudahkan sharing kita kali ini.

Lalu, bagaimana cara mengawalinya? Tentunya, siapkan hati kamu sepenuhnya ya J kalau berkarya jangan setengah hati, nanti hasilnya nggak bisa maksimal J

1.  Siapkan alat menggambarnya. Ini adalah alat yang biasa saya pakai, pensil mekanik untuk sketsa dasar, 4b, dan 8b untuk penegasan arsiran. Kalau charcoal digunakan sesuai  kebutuhan objek gambarnya saja, tetapi kali ini saya nggak pakai charcoal. Cukup pensil biasa saja.


2.  Buatlah sketsa dasar daun dengan pensil mekanik/2b. kalau saya lebih nyaman dan suka pakai mekanik karena selalu runcing.


3. Mulailah mengarsir secara perlahan pada bagian tepi daun hingga ke tulang daun. Ngarsirnya tipis-tipis aja dulu.


4.  Tebali arsiran yang pertama tadi dengan pensil 4b/6b/8b. tapi perlu diingat, konsistensi dan pengaturan tekanan juga harus tetap dijaga agar arsiran tampak natural menyatu seperti karakter aslinya.


5.   Untuk lekukan pada daun juga bisa ditambah arsiran untuk membentuk kedalaman.


6.  Begitu juga untuk efek bayangan daun yang ditumpuki daun diatasnya, caranya dengan menambahkan arsiran yang lebih tebal agar terkesan lebih hidup.

Selamat Mencoba !!!

Hi, I am part of inprnt platform. You can find me on https://www.inprnt.com/gallery/djemaripensil/

Komentar