BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Macam-macam Teknik Arsiran

 

Teknik arsiran merupakan suatu teknik dasar dalam menggambar menggunakan pensil ataupun pen dengan cara memiringkan pensil atau pen tersebut ketika menggoresnya. Teknik arsiran digunakan untuk memunculkan kesan bervolume pada suatu gambar atau membuat bayangan dari objek gambar tersebut. Menariknya, arsiran dapat membuat gambar terlihat lebih hidup (seperti nyata). Tentunya dengan tetap menjaga tekanan tangan dan konsistensi ketika mengarsir sehingga dapat terjaga tebal dan tipisnya suatu goresan.

Berikut macam-macam teknik arsiran :

1. Hatching (Arsiran Searah)

Hatching atau biasa disebut arsiran satu arah merupakan teknik arsir yang paling mudah dimana pensil digoreskan dengan arah yang sama sehingga menghasilkan goresan yang sejajar, searah dan juga teratur. Semakin sering menggores atau sering menumpuki goresan dibagian goresan yang sama, maka akan menghasilkan arsiran yang lebih gelap.

2. Crosshatching (Arsiran Silang)

Hampir sama dengan Hatching, Crosshatching ati bisa disebut dengan arsiran silang merupakan teknik arsiran yang terlihat saling menyilang atau berpotongan. Semakin banyak menumpuk goresan yang berbeda arah dengan goresan sebelumnya dibagian yang sama, maka akan menghasilkan arsiran yang lebih gelap.

3. Countour Hatching (Arsiran Searah Kontur)

Teknik arsiran ini mengikuti bentuk kontur pada suatu bidang yang akan diarsir. Biasanya teknik ini digunakan untuk menggambar figur manusia, tumbuhan, hewan, maupun benda yang lain.

4. Scumbling (Arsiran Coretan Bebas)

Scumbling atau arsiran bebas merupakan arsiran yang goresannya terlihat tidak beraturan atau hanya coretan-coretan bebas. Biasanya tidak berupa garis melainkan lebih kepada goresan bebas sembarang.

5. Stippling (Arsiran Titik)

Teknik ini seperti halnya pointilis, yakni arsiran yang dihasilkan dari titik-titik kecil. Semakin rapat dan banyak titik-titik berkumpul, maka semakin gelap arsiran yang ditimbulkan. Sebaliknya, semakin jarang atau renggang titik-titiknya, maka arsiran yang dihasilkan berkesan terang.


Nah, kalau sudah memahami macam-macam arsiran, maka alat dan media yang kamu perlukan untuk memulai menggambar diantaranya:

1. Kertas

2. Pensil (2b,4b,6b, dan jenis lainnya)

3. Bolpen (ini opsi)

4. Penghapus biasa/kneadable eraser (opsi)

5. Cutter/rautan pensil


Selamat mencoba !

Komentar