BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Bagaimana Cara Menggambar Air dengan Pensil?



Banyak situs-situs yang lain sudah memberikan dan menjelaskan tips and trick perihal menggambar baik itu menggambar karakter air, pemandangan bahkan wajah dengan versi mereka tentunya… Baiklah, saya pun juga mempunyai versi sendiri terkait menggambar.
Bagaimana sih caranya menggambar air, atau tetesan air dengan menggunakan pensil ?
Salah satu lontaran pertanyaan teman kepada saya ketika saya memposting beberapa karya yang berjudul Tulip, Paghopagia, Karma, Buah Apel dan Air mata di instagram (klo pengen lihat lebih banyak goresan djemari pensil, kunjungi saja galeri mini ig saya di @simut95 lalu follow, like n comment yaa J ) disini akan saya tampilkan ke lima karya yang disebutkan tadi sebagai bahan inspirasi kalian, semogaaa membantu…

Oiya, tulisan/postingan ini bukan bermaksud untuk menggurui ya, ini atas dasar ingin membagikan pengalaman-pengalaman seputar dunia menggambar terutama menggambar dengan pensil versi saya. Jadi mohon maaf jika nantinya ada istilah/teknik/media/alat/apapun yang tidak sesuai dengan kalian !
seperti postingan kemarin saya sudah share  alat-alat yang biasa saya gunakan untuk menggambar (atau klo yang belum membacanya, cari aja di arsip yang judulnya Cara Mudah Menggambar dengan Pensil).

Kali ini saya akan menjabarkan step by step menggambar tetesan air dengan sample salah satu karya saya, judulnya Tulip.

Oke. Step 1: Untuk mengawalinya, membuat goresan dasar air menggunakan pensil mekanik. Kalian pasti sudah mengetahui jenis pensil satu itu. Pensil dengan isi seperti lidi sapu. Boleh juga memakai pensil 2b, ingat.. ini sesuai dengan kenyamanannya kalian yaa :) 


Step 2: Mulai mengarsir tipis-tipis dengan pensil 4b langsung juga bisa, asalkan tetap menjaga kontrol tekanan tangan saat menggoresnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengarsir adalah kesabaran dan konsisten saat mengarsirnya. Jadi, jangan tergesa-gesa dan cobalah untuk menikmati setiap goresanmu.


Step 3: Pertegas arsiran kembali dengan pensil yang lebih tinggi seperti 6b atau 8b agar air terlihat 3 dimensi/ tampak nyata.



Step 4 : Finished


oya, ada satu lagi cara mudah untuk memunculkan efek bening pada air yaitu dengan menggosok sedikit area arsiran air dengan penghapus. Bisa memakai penghapus biasa, bisa juga penghapus khusus seperti kneadable eraser yaitu penghapus yang mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan seperti adonan roti hehee... (untuk lebih jelasnya produk penghapus khusus untuk melukis, kalian bisa browsing sendiri ya)

Dan inilah karya saya yang terdapat karakter airnya:
1. PAGHOPAGIA



2. KARMA


3. BUAH APEL

4. AIR MATA



Semoga bermanfaat, kawan !

Hi, I am part of inprnt platform. You can find me on https://www.inprnt.com/gallery/djemaripensil/

Komentar

  1. Akhirnyaaa, kembali juga blog nya :)
    Sangat bermanfaat kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay kak.. thanks ya sudah mampir.. Alhamdulillah :)

      Hapus
  2. Kerenn, sangat memginpirasi buat belajar menggambar. Sukses selalu.. ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin....semoga bisa lebih bermanfaat kedepannya. Terimakasih

      Hapus

Posting Komentar