BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Menggambar Karakter Kain dengan Pensil


Kain merupakan benda yang cukup sulit digambar karena memiliki banyak lipatan dan bayangan yang semakin membuat rumit. Di dalam tutorial kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana menggambar karakter kain dengan pensil. Kain yang saya maksud disini adalah jenis kain pada umumnya ya, tidak spesifik pada jenisnya. Lain kali saya akan membahas untuk tutorial jenis-jenis kain tertentu.


Model yang saya pakai kali ini adalah Rok nya anak kecil J penuh lipatan yaa.. hehe



Alat yang dibutuhkan :
  1. Kertas
  2. Pensil Mekanik atau 2B juga boleh
  3. Pensil 4B
  4. Pensil 6B atau 8B juga bisa (karena pensil 6B saya sudah habis, jadi saya memakai 5b dan 8B saja)
  5. Penghapus
  6. Rautan pensil atau Cutter


Langkah-langkahnya :
1.   Membuat sketsa dasar kain beserta lekukan (lipatannya) menggunakan pensil mekanik atau 2B.


2. Arsir secara mengambang, maksudnya bidang kain diarsir merata secara keseluruhan menggunakan pensil 4B secara mengambang. Jangan lupa tetap mengatur tekanan tangan agar tidak menghasilkan arsiran dengan tingkat ketebalan yang tidak merata.


3.  Pertegas lekukan (lipatan) kain dengan memperkuat arsiran. Pakai pensil yang memiliki tingkat ketebalan yang tinggi seperti 6B atau 8B dan buat ujung pensilnya runcing, itu akan memudahkan dalam menentukan area kedalaman serta detailnya. Namun tentu saja, tekanan tangan harus tetap terkontrol ya..


4.   Pertegas kembali arsiran pada bidang kain secara keseluruhan agar nampak secara nyata dengan menggunakan pensil 8B atau jika kamu belum mempunyainya, kamu bisa memakai 6B sambil menekannya sedikit saat mengarsir.



5.   Untuk kesan berkilau, bisa menggunakan penghapus dengan cara menghapus secara perlahan diarea untuk kesan berkilau. Jadi, hasil akhirnya seperti ini.


Gimana, kamu sudah mengetahui bagaimana caranya menggambar karakter kain dengan pensil, kan? silahkan mencoba!





Komentar