BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Tutorial Melukis Wajah dengan Pensil


Siapa yang tidak mengenal lukisan? Saya kira semua orang mengetahuinya apa itu lukisan. Mulai dari lukisan dengan cat air, cat minyak, akrilik dan sebagainya. Ya, suatu karya dua dimensi yang hanya dapat dinikmati dari satu arah. Lalu bagaimana dengan lukisan wajah dengan pensil? Pasti sudah akrab sekali ya… lukisan dengan alat yang sederhana dan mudah dijumpai, hanya dengan pensil pun juga dapat menghasilkan karya yang mengagumkan lhoh. Banyak seniman lukisan pensil yang merajai dunia gambar menggambar hanya menggunakan pensil. Selain harga yang murah meriah juga mudah dalam penggunaannya.

Oke, kali ini adalah tutorial melukis wajah dengan pensil. Kalau ada yang tahu model yang saya lukis siapa, boleh komen dikolom komentar yaa…

Sebenarnya, ini adalah lukisan yang pernah saya ikutkan lomba beberapa tahun yang lalu dan model kali ini adalah salah satu model idola saya, hehe… yuk lanjut tutorialnya.

Step 1 saya biasanya memakai teknik lingkaran untuk memulai membuat bentuk wajah. Tapi kalau kalian lebih nyaman memakai grid (kotak-kotak kecil) gak apa-apa. Senyamannya kamu saja. Lingkaran dibagi menjadi 2; 1 horisontal dan 1 lagi vertical tepat berada ditengah wajah (jika wajah modelnya simetri ya, kayak foto ktp). Tapi kalau wajahnya agak miring, garisnya juga dimiringkan. Maaf, foto guratannya tidak terlalu ketara hehe



Step 2 mulai membuat sketsa dasar dari mata, hidung, dan mulut. Sejujurnya nih, saya lebih kebanyakan memakai feeling sebagai pengukuran bentuknya. Bukannya tidak perduli dengan adanya teori, namun saya merasa lebih nyaman dengan versi saya, juga sering mengajak ngobrol foto dan gambarnya.


Step 3 mari kita mengarsir. Pegang pensilmu agak miring ya untuk memberi kesan arsir agar merata dan halus. Dan jangan lupa untuk meruncingkan pensilmu karena jika runcing, dia bisa lebih mudah untuk menghasilkan detail pada bentuk objeknya.
detail arsiran mata

detail arsiran wajah


Step 4 arsir bagian rambutnya. Ikuti alur rambutnya dan Pelan-pelan saja jika sudah mood gaje yaa a.k.a gak jelas hehe... 



detail arsiran rambut

Step 5 finishing dengan arsiran yang lebih tebal yang dirasa ingin ditebalkan ya... jangan lupa pakai background agak terang untuk area yang arsirannya tebal dan begitupun sebaliknya agar terlihat lebih hidup.




Semangat mencoba ! dan semoga bermanfaat !
salam Djemari Pensil.

Komentar