BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Membuat Tekstur Ranting dan Batang Pohon dengan Arsiran




Bagaimana sih caranya menggambar ranting atau batang pohon dengan menggunakan pensil? Pensilnya tumpul atau runcing? Apa bisa pakai satu jenis pensil saja?

Berbagai pertanyaan yang pernah saya terima, akan saya jawab disini J simak ya…

1.      Pensil yang dipakai bisa dengan satu jenis pensil, kali ini saya memakai pensil 5b. lalu bagaimana cara membuat efek gelap terangnya? Nah, disini nih main pengontrolan tekanan tangan. pertama-tama, buatlah sketsa dasar dulu.


2.      Mulailah mengarsir bagian tepi ranting. Sekadar saran, pensil diusahakan selalu runcing agar mempermudah untuk detailnya, untuk penambahan ketebalan ruang kedalaman juga.


3.      Bagiku, yang namanya mengarsir suatu benda diusahakan benda itu diarsir secara keseluruhan sehingga tidak ada warna kertas yang terkadang membuatnya terlihat pucat/flat. Boleh-boleh saja ada warna kertas seperti efek kilau tapi jangan terlalu dominan, usahakan diarsir merata.



4.      Bagaimana mengarsir secara tipis merata dan tebal sekaligus dalam satu pensil? Seperti penjelasan nomor 1 dan 2, pensil diusahakan runcing. Pada saat mengarsir, lemaskan tanganmu (rileks, santai saja dan jangan kaku) agar mendapatkan hasil arsiran merata. Sedangkan untuk efek kedalaman, sedikit ada penekanan dibandingkan arsiran tipis dasar tadi. intinya, ikuti alur objek gambar dan cobalah menikmati!


5.      Langkahnya seperti nomor 4. Arsir tipis dahulu, barulah ditumpuk dengan arsiran yang tebal.


6.      Untuk finishing touch nya, beri kesan ranting kecil-kecil, cukup digambar saja dan tidak perlu diarsir. Simple kan? :)


selamat mencoba !

Komentar