BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Cara menggambar bulu realis



Siapa yang tidak mengenal bulu? Semua orang sudah pasti tahu struktur epidermis yang membentuk penutup luar pada burung. Ya, disini saya akan membahas bulu burung dan membagikan cara menggambar bulu secara realis dengan menggunakan pensil 4b. Hanya satu pensil. Sebelumnya sedikit membahas apasih fungsi bulu pada burung? Bulu berfungsi untuk melindungi burung dari air dan suhu dingin. Memberikan warna yang biasanya digunakan sebagai penyamaran dari pemangsa atau sebagai cara berkomunikasi. Karena karakternya yang lembut dan terlihat agak rumit dengan sekumpulan helainya yang tipis, saya jadi tertarik untuk menggambarnya.
Yuk mari menggambar...

Alat dan media yang kamu perlukan diantaranya:
1. Kertas
2. Pensil 4b
3. Penghapus biasa
4. Cutter/rautan pensil

Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Buat sketsa oval sebagai bentuk dasar bulu



2. Tambahkan garis di tengah-tengah oval


3. Buat kesan robekan pada sisi-sisi oval


4. Bentuklah garis tengah menjadi lebih bervolume dan meruncing ke atas


5. Arsir tipis-tipis semua bidang secara merata


6. Pada bagian sisi pinggir dan tengah diarsir tebal. Tapi diantaranya sisakan tanpa arsiran berlebihan gunanya untuk memberikan kesan kilau.




7. Seperti ini ya. Saran saya pensilnya yang runcing agar mudah membuat efek helai tipis bulu.






8. Terakhir, arsir batang bulunya (sebenernya saya ga tau penamaannya, jadi saya close up saja ya gambarnya hehe) Beri efek serabut-serabut bulu yang berantakan.



Mohon maaf ya kalau ada bahasa yang kurang dimengerti karena kekurangan pengetahuan saya. Tapi dengan gambar yang saya close up semoga dapat membantu untuk memahaminya.  Semoga bermanfaat!

Komentar