BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Menggambar embun dengan mudah menggunakan pensil



Ada yang suka melihat embun di pagi hari? Siapa yang suka sibuk memandangi embun di sela-sela jendela atau di daun? Yang terkadang membawa kita pada suatu masa yang biasa kita sebut kenangan (waduuh jiwa puitis saya nongol nih). Memandangi embun memang terasa segar apalagi embun yang berada di daun.

Embun terjadi karena adanya proses kondensasi yaitu proses perubahan wujud gas menjadi cair (bintik-bintik air). Embun dapat terbentuk jika udara banyak mengandung uap air dan bersuhu cukup dingin atau biasa terjadi setelah hujan reda di pagi hari. Saya sendiri juga menyukai embun, sering di pagi hari saya melihatnya yang menempel pada tanaman-tanaman diluar rumah kemudian memotretnya, mengabadikan momen yang menyejukkan hati. Pagi ini, ketika saya memotretnya, saya jadi kepikiran untuk menjadikannya sebagai gambar. Sekadar mengisi waktu luang juga melatih tangan supaya tidak kaku. Sebelumnya saya sudah pernah membuat tutorial menggambar air atau titik-titik air, kalian bisa membacanya kembali ya...

Untuk kali ini saya akan menggambar embun di daun dengan mudah tanpa menggunakan penghapus kneadable yang biasa digunakan untuk membuat kesan highlight. Yuk mari mulai menggambar.

Alat dan media yang kamu perlukan diantaranya:
1. Kertas
2. Pensil 4b
3. Penghapus biasa
4. Cutter/rautan pensil

Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Buat sketsa tiga daun dengan batangnya


2. Gambar lah percabangan tulang daun


3. Arsir pada setiap tulang daun seperti gambar dari tebal ke tipis


4. Selesaikan mengarsir ke semua daun


5. Tebalkan sedikit arsiran pada tulang daun dan buatlah kesan bayangan pada daun bagian tengah terhadap daun bawahnya


6. Arsir semua batang daun secara tipis dan arsir tebal bagian sisi batangnya




7. Gambar lah embunnya (penempatannya sesuai keinginanmu)


8. Arsir satu per satu embun. Biar mudah, runcing kan pensilnya. Karena tidak semua pembaca saya memiliki penghapus kneadable jadi saya ingin memberikan tips mudah dengan alat seadanya dan kali ini saya tidak memakai penghapus kneadable untuk membuat kesan highlightnya tapi hanya menggunakan pensil 4b. Tipsnya biarkan saja bagian untuk highlightnya tanpa arsiran.




9. Selesaikan mengarsir semua embun




10. Gambar sudah jadi.



Meski hanya dengan satu jenis pensil tapi kita bisa juga lho menggambar dengan karakter air seperti ini. Yang penting jangan bosan-bosan menggambar ya ..
Semoga bermanfaat dan semangat mencoba!

Komentar