BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Cara menggambar karakter kain jeans



Kemarin kita sudah mencoba menggambar karakter kain wol pada sweater yang saya gunakan sebagai objek gambar. Nah, setelah saya membahas tentang kain wol beberapa teman saya memberi saran untuk menggambar jenis karakter kain yang lainnya yang sering digunakan oleh kita sehari-hari, kain jeans misalnya. Dari obrolan dengan teman saya ini, kemudian saya ingat bahwa saya mempunyai jaket jeans dan saya berpikir untuk menggambarnya saja. Ya, kali ini saya akan membagikan bagaimana tahapan dalam menggambar karakter kain jeans, objek yang saya gunakan adalah jaket jeans yang menggantung.

Alat dan media yang kamu perlukan diantaranya:
1. Kertas
2. Pensil mekanik atau 2b
3. Pensil 4b
4. Pensil 6b
5. Penghapus biasa
6. Cutter/rautan pensil

Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Buatlah sketsa jaket yang  beserta lekukan atau lipatan-lipatan jaket jeans tersebut menggunakan pensil mekanik atau 2b. Kamu boleh menyamakan dengan objek yang saya gunakan atau bisa juga menggunakan objeknya sendiri.


2. Arsir tipis-tipis dan secara merata ke seluruh bidang. Usahakan pensilnya dimiringkan untuk memudahkanmu dalam mengarsir. Gunakan pensil 4b.


3. Pertama arsir bagian kerah jaket. Beri penekanan dalam mengarsir pada lekukan kain. Ini menjadi acuan kontras juga membentuk kedalaman kain. Gunakan pensil 6b.


4. Lanjutkan mengarsir bagian lekukan yang lain. Ingat, ketebalan arsiran menunjukkan kedalaman dan bayangan kain.


5. Arsir tipis mulai dari tepi garis menuju permukaan untuk membuat objek lebih bervolume.


6. Pada permukaan jaket, berilah arsiran sedikit acak atau berantakan untuk membuat lekukan halus.



7. Ada dua garis yang berdampingan pada kerah, lengan, dan punggung jaket adalah jahitan tebal. Sekarang pertebal satu garis tersebut kemudian arsiran secara acak dan putus-putus (berenggang) diantara kedua garis tersebut. Gunakan pensil 6b yang runcing.



8. Lanjutkan pada garis-garis yang lain.


9. Gambar lah kancing pada salah satu lengan jaket yang terlihat, lalu arsir efek metal karena jenis kancingnya berbahan metal. Dan, hampir jadi.


10. Sentuhan terakhir, berilah arsiran tipis secara acak dan berantakan lagi untuk membuat lekukan halus pada area yang masih kosong.



Jadi, seperti itu ya langkah-langkahnya dalam menggambar jaket jeans. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Komentar