BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Cara Menggambar Batu Realis



Kalian pasti sudah mengenal batu. Kita sering menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari . Benda keras yang bentuknya tidak beraturan dan bertekstur kasar. Namun meskipun keras ia bisa terkikis juga jika terus-terusan terkena air. Lalu, apakah kamu pernah mencoba menggambarnya? Jika belum, hari ini saya akan membagikan cara menggambar batu yang realis.

Alat dan media yang kamu perlukan diantaranya:

1. Kertas
2. Pensil mekanik atau 2b
3. Pensil 4b
4. Pensil 8b
5. Penghapus biasa
6. Cutter/rautan pensil

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Gunakan pensil 2b untuk membuat sketsa dasar. Buatlah sketsa oval namun tidak beraturan seperti ini.


2. Arsir tipis seluruh bidang batu tersebut. Kamu bisa memiringkan pensilnya  d agar mendapatkan hasil arsiran yang rata. Gunakan pensil 4b.


3. Buatlah garis-garis kecil acak di dalam bidang tersebut. Itu digunakan sebagai efek retak atau rongga-rongga besar dan dalam pada batu.


4. Arsir garis-garis itu tadi menggunakan pensil 8b dengan ujung pensil yang runcing karena untuk memudahkan kalian dalam membuat detail. Untuk efek kedalaman rongga batu, beri arsiran yang tebal atau pekat.


5. Seperti ini. Arsiran pekat berakhir arsiran tipis.



6. Mulailah mengarsir bagian tepi pada batu. Ini untuk memunculkan efek volume batu. Pada bagian kanan batu arsiran tetap terang karena akan dibuat sebagai arah sumber cahaya. Gunakan pensil 4b


7. Lalu, arsir sedikit pada badan batunya agar memunculkan efek tidak rata pada batu. Kamu bisa gunakan pensil 4b.


8. Gunakan pensil 8b runcing untuk membuat tambahan titik-titik tidak beraturan pada bidang batu. Ini untuk memunculkan karakter batu yang bertekstur kasar dan berrongga.


9. Rapihkan arsirannya. Gunakan pensil 8b.



Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!




Komentar