BIKIN BOOKMARK DARI SISA KERTAS GAMBAR

Cara Menggambar Rambut Lurus Realis




Pasti kalian sudah pernah dengar dengan ungkapan, “rambut adalah mahkota wanita.” Masing-masing wanita memiliki bentuk rambut yang berbeda-beda dan bermacam-macam. Ada yang lurus, bergelombang, atau keriting. Banyak juga yang sengaja mengubah bentuk rambutnya menjadi bentuk atau model yang di inginkan. Sebelumnya saya sudah memposting tutorial menggambar rambut keriting. Nah, kali ini saya akan membagikan tutorial menggambar rambut lurus yang realis. Yuk, simak.

Alat dan media yang kamu perlukan diantaranya:

1. Kertas
2. Pensil mekanik atau 2b
3. Pensil 4b
4. Pensil 8b
5. Penghapus biasa/kneadable eraser
6. Cutter/rautan pensil

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Gunakan pensil 2b untuk membuat sketsa dasar. Buatlah sketsa seperti ini.


2. Gunakan pensil 8b untuk mengarsir seluruh bidang rambut.


3. Tentukan area bagian rambut yang nantinya sebagai efek bayangan dan kedalaman rambut dengan cara memberi coretan garis-garis pada bidang rambut tersebut. Kamu bisa pakai pensil 8b.


4. Arsiran selanjutnya pada poni bagian kiri (sebelah kiri dari pandangan kita maksudnya  ). Gelapkan arsiran pada tepi poni. Gunakan pensil 8b.


5. Tebalkan arsiran lagi pada garis-garis yang telah dibuat tadi. Ingat, sisakan sedikit area untuk efek kilaunya. Untuk efek kilau jangan diarsir tebal ya, tapi arsir tipis saja atau kamu bisa menggunakan penghapus sebagai efek kilaunya, yakni dengan cara menyapukan penghapus secara perlahan. Bisa menggunakan kneadable eraser karena lebih mudah dibentuk sesuai kebutuhan.



6. Selesaikan mengarsir pada seluruh bagian rambut yang kiri dulu ya. Tetap ikuti alur rambutnya.


7. Sekarang lanjut bagian yang kanan (sebelah kanan dari pandangan kita maksudnya  ). Arsir tebal pada tepi poni. Untuk bagian atas poni, biarkan saja dengan arsiran tipis sebagai efek kilau.


8. Lanjutkan mengarsir sesuai batas-batas garis yang telah dibuat diawal tadi ya.



9. Terakhir, rapihkan poni bagian depannya dengan cara memberi goresan tipis. Gunakan pensil 4b. Oiya, kamu boleh meratakan hasil arsiranmu dengan kuas, tisu, atau kapas dengan cara menyapunya secara menggantung agar hasilnya merata. Tapi kalau gambar say ini tanpa usapan ya alias arsiran pensil saja hehe.




Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!

Hi, I am part of inprnt platform. You can find me on https://www.inprnt.com/gallery/djemaripensil/



Komentar